TULUNGAGUNG TOURISM PHOTO CONTEST ( Case Study )

A. INSIGHT
Tulungagung merupakan sebuah daerah yang berbentuk Kabupaten dengan lokasi di pesisir selatan provinsi Jawa Timur. Daerah yang dikenal sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia ini merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang mempunyai potensi wisata cukup besar. Hal ini dikarekanan letak dari Tulungagung yang langsung bersinggungan dengan Samudera Hindia, atau yang lebih dikenal dengan nama Laut Selatan.

Menurut analisa awal kami, Tulungagung mempunyai potensi wisata terbesar yaitu di kategori Pantai. Hal ini wajar terjadi garis pantai cukup panjang membujur dari timur, berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar, hingga barat, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Trenggalake. Garis pantai yang cukup panjang tersebut di pisahkan oleh tebing-tebing dan setiap kita melewati tebing batas tersebut maka nama Pantai sudah berubah. Kami mencatat bahwa ada sekitar lebih dari 20 pantai dengan karakteristik yang berbeda-beda dan saling berdampingan satu sama lain. Selain jumlah pantai yang cukup banyak, potensi pariwisata lainnya yang tidak kalah hebat dari Tulungagung adalah banyaknya situs sejarah, bermacam-macam kesenian budaya, tempat wisata buatan, hingga jenis kuliner yang sangat variatif.

Oleh karena itulah Dinas Pariwisata Tulungagung selaku pemangku tanggung jawab tertinggi untuk mempromosikan potensi pariwisata Tulungagung membuat sebuah event di Instagram ( aktivasi digital ) dengan tajuk Tulungagung Tourism Photo Contest 2016 yang diadakan mulai tanggal 23 Maret 2016 hingga 21. Tujuan dari diadakannya event ini adalah untuk mempromosikan semua potensi pariwisata Tulungagung secara viral di ranah dunia digital. Social Media yang digunakan sebagai portal utama adalah Instagram dan Website. Tak ada batas umur dan domisili untuk bisa mengikuti aktivasi digital yang memperebutkan hadiah uang tunai total sebesar 6 Juta Rupiah ini.

FLOWCHART

B. ANALYTIC
Aktivasi digital Tulungagung Tourism Photo Contest ini cukup mendapatkan atensi dari masyarakat Tulungagung dan sekitarnya. Hal ini bisa dilihat dari statistik yang kami kumpulkan, yaitu sebagai berikut :

ANALYTIC

Pada statistik diatas dapat dilihat bahwa :
a. Jumlah Peserta ( raw ) : 403 orang
b. Jumlah Peserta ( filtered ) : 307 orang
c. Jumlah Foto ( raw ) : 1012 Foto
d. Jumlah Foto ( filtered ) : 907 Foto
e. Jumlah Foto Wisata Alam : 559 Foto
f. Jumlah Foto Wisata Buatan : 196 Foto
g. Jumlah Foto Wisata Kuliner : 84 Foto
h. Jumlah Foto Wisata Budaya : 39 Foto
i. Jumlah Foto Wisata Sejarah : 30 Foto

Dari jumlah tersebut akhirnya terjaring 25 Foto Terbaik yang mewakili setiap kategori wisata. Dan dari 25 Foto tersebut akan diambil 5 pemenang yang dipilih oleh Dewan Juri dan 1 pemenang yang dipilih oleh para Follower Instagram @tulungagungtourism yang diberi predikat Instragramers Choice. Diluar ekspektasi kami bahwa ternyata banyak Follower Instagram @tulungagungtourism yang ikut serta dalam proses pencarian 1 pemenang yang didasarkan pada jumlah dukungan terbanyak. Dan berikut statistiknya :

INSTAGRAMERS CHOICE

Dan akhirnya terpilihlah 5 pemenang hasil seleksi Dewan Juri yang terdiri dari Bpk Syahri Mulyo ( Bupati Kabupaten Tulungagung ) dan Tino Renato ( Professional Photographer ) dan 1 pemenang kategori Instagramers Choice.

FINAL RESULT

Aktivasi digital membuat impact dari event menjadi cukup optimal dengan tingkat pengeluaran yang tidak terlalu besar. Seperti aktivasi digital yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tulungagung dengan Tulungagung Tourism Photo Contest yang dalam waktu kurang dari 2 bulan bisa menaikkan jumlah Follower Instagram sebanyak lebih dari 2850 Real Followers. Hal ini akan semakin membuat kegiatan promosi pariwisata menjadi lebih efektif dan efisien.
( by kokohyanuar )