logo

8 FITUR TERBARU MacOS VENTURA

10:08 WIB

upload/blogs/jHQHArXQd73cjSviDvKmoHN4vx9zryaQkiJWM8CH.jpg

BURNINGROOM TECHNOLOGY - MacOs Ventura, sistem operasi terbaru untuk perangkat Mac atau Macbook, resmi diumumkan Apple berbarengan dalam ajang Worldwide Developers Conference atau WWDC 2022. Dengan tema bertajuk “Works Smarter. Plays Harder. Goes Further”.

MacOS Ventura membawa sejumlah fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman multitasking dan konektivitas antar perangkat. Adapun beberapa fitur terbaru yang diusung MacOS Ventura meliputi Continuity Camera, Shared Tab Group Safari, Stage Manager, Passkeys, Send Email Terjadwal, Center Stage, Handoff di FaceTime hingga Live Text.

Saat ini sistem operasi MacOS Ventura baru tersedia untuk kalangan pengembang yaitu Developer Beta. Pengguna umum yang ingin mencobanya dapat menunggu hingga versi Public Beta yang akan dibagikan pada bulan Juli mendatang. Sedangkan versi finalnya akan dibagikan.

Dalam menjalankan fitur Center Stage, pengguna memerlukan dukungan dari kamera ultra wide iPhone 11 dan yang lebih baru. Selain Continuity Camera, MacOS Ventura juga dibekali fitur baru seperti Stage Manager, peningkatan sistem keamanan, dan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkumkan beberapa fitur terbaru dari MacOS Ventura :

1. Stage Manager.
Fitur Stage Manager akan memudahkan pengguna untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus. 
Fitur ini dapat meletakkan semua aplikasi yang tengah dibuka berada di tepi layar, sekaligus menjalankan aplikasi yang sedang dipakai untuk bekerja.

2. Passkeys.
Fitur Passkeys di MacOS Ventura memudahkan pengguna untuk menggunakan Face ID atau Touch ID saat hendak login atau masuk ke akun di sebuah situs web, alih-alih menggunakan password yang mungkin lebih mudah dibobol.

3. Shared Tab Group Safari.
Tak ketinggalan pula MacOS Ventura juga membawa pembaruan fitur pada aplikasi browser bawaan Safari. Salah satu fitur baru yang hadir untuk Safari adalah Shared Tab Group. Lewat fitur tersebut, pengguna dapat membagikan tab browser yang tengah dibuka ke pengguna lain. Dengan begitu, pengguna lain juga bakal bisa melihat tab yang tengah dibuka secara real-time.

4. Kirim e-mail terjadwal.
Aplikasi e-mail bawaan Apple di Macbook juga mendapat pembaruan fitur pada MacOS Ventura. Salah satu fitur terbaru yang diusung di aplikasi e-mail Apple adalah pengiriman terjadwal, layaknya Gmail. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengatur jadwal pengiriman e-mail terlebih dahulu, sekaligus membatalkannya bila nanti terdapat kesalahan yang perlu diperbaiki.

5. Live Text.
Fitur Live Text yang diperbarui memungkinkan pengguna untuk menyalin teks pada sebuah video yang dijeda. Tidak hanya menyalin, tapi teks atau data yang terdeteksi di video itu juga dapat untuk ditindaklanjuti dalam beberapa perintah, misalnya penerjemahan bahasa. Itulah informasi seputar tujuh fitur terbaru MacOS Ventura. Kendati MacOS Venturan dan beberapa fitur terbarunya telah diumumkan Apple, tapi bukan berarti pengguna bisa langsung mendapatkan pembaruan sistem operasi tersebut untuk saat ini.

6. Continuity Camera
Salah satu fitur terbaru MacOS Ventura yang cukup diunggulkan adalah Continuity Camera. Fitur tersebut memungkinkan pengguna memakai kamera iPhone buat jadi webcam Macbook. Untuk mengganti input webcam Macbook ke kamera iPhone, pengguna nantinya tak perlu memakai sambungan kabel. Kedua perangkat tersebut dapat dihubungkan secara nirkabel.
Jadi, pengguna cukup mendekatkan iPhone ke Macbook. Lalu, input webcam Macbook bakal otomatis beralih ke kamera iPhone. Untuk menjalankan fitur ini, pengguna perlu menggunakan kamera dari iPhone XR atau yang lebih baru.

7. Center Stage
MacOS Ventura juga dibekali dengan fitur lain yang bisa dipakai untuk mengoptimasi penggunaan webcam laptop, yakni Center Stage. Fitur ini dapat dijalankan dengan memanfaatkan fitur Continuity Camera. Saat kamera iPhone dipakai sebagai webcam, fitur Center Stage dapat membuat tampilan gambar pengguna tetap berada di tengah bingkai kamera selama panggilan video berlangsung, meski pengguna tersebut bergerak.

8. Handoff di FaceTime
Selain aplikasi e-mail dan Safari, Apple juga membawa fitur terbaru pada aplikasi FaceTime di MacOS Ventura bernama Handoff. Lewat fitur Handoff, pengguna bisa memindahkan panggilan FaceTime yang tengah berlangsung ke iPhone atau iPad, secara bersamaan.

Source : https://makemac.grid.id/ & https://tekno.kompas.com/