logo

BIKIN QR CODE PAKAI MS. WORD??? BISA KALI'!!!

16:34 WIB

upload/blogs/SA764yoB4WgEfKMdLQN1qGR6RAtOpoJOGN3IqyY2.jpg

BURNINGROOM TECHNOLOGY - Aplikasi Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang terbilang cukup populer saat ini. Banyak orang yang menggunakan Microsoft word karena memang Microsoft word memiliki banyak keunggulan dibanding dengan aplikasi pengolah kata lainnya. Keunggulan Microsoft word salah satunya adalah tampilannya yang user friendly dan juga mudah dalam penggunannya.

Selain itu ada satu fakta menarik dari Microsoft word yaitu kita bisa membuat QR Code di Microsoft word dengan mudah. Apa itu QR Code? QR Code (Quick Response Code) adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave dan diluncurkan pada tahun 1994. Jika dibandingkan dengan kode batang (satu dimensi), QR Code mampu menyimpan data yang lebih besar.
Kelebihan QR Code adalah mampu menyimpan ifnformasi secara vertical dan horizontal sedangkan jika kode batang hanya bisa untuk menyimpan informasi horizontal saja. Nah khusus di artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat QR Code di Micorosft Word dengan mudah. Yang bisa digunakan dengan cara add-in langsung pada aplikasinya. Untuk memahami nya lebih lanjut silahkan simak penjelasannya berikut ini ya.
Cara Membuat Kode QR di MS Word
Untuk dapat membuat QR Code di Microsoft Word kita hanya perlu menambahkan add-in ke dalam aplikasi Microsoft Word, yang bernama QR4Office yang bisa didapatkan secara gratis. Silahkan simak langkah – langkahnya berikut ini ya.

1.    Open Ms. Word
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuka Microsoft Word adalah melalui shortcut desktop. Pastikan terlebih dahulu pengguna sudah install aplikasi yang satu ini karena akan auto ada pada tampilan shortcut desktop pengguna.

2.    Download Add-in QR4Office
Klik Insert yang ada pada Ribbon, kemudian pilih Get Add-ins. 

3.    Add QR4Office
Ketik QR4Office di kotak pencarian yang ada di Office Add-ins, jika QR4Office sudah muncul maka klik Add.

4.    Klik Tab Insert
Kemudian, setelah QR4Office berhasil ditambahkan maka klik ke Insert pilih My Add-ins dan pilih QR4Office.

5.    Ketikkan URL atau Pilih Opsi Lainnya
Langkah selanjutnya di QR4Office kita bisa pilih Opsi URL/Text yaitu : http://, https://, mailto: dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengatur Colour QR Code, Background dan Size sesuai dengan apa yang kita inginkan . Setelah mengatur URL sesuai apa yang diinginkan, lalu klik Insert.

6.    Save QR Code
Jika sudah selesai dalam membuat QR Code maka cara menyimpannya adalah dengan cara klik kanan pada mouse di area QR Code, kemudian klik Save as Picture.

7.    Penamaan File QR Code
Selanjutnya, pilih direktori (komponen) QR Code yang sudah kita buat tadi atau yang akan disimpan. Jika sudah, maka berikan nama pada filenya dan kemudian klik Save.

8.    Hasil CR Code Word
Nah, maka hasilnya akan terlihat sesuai dengan apa yang kita atur dari awal dan juga sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Source :  https://teknoinside.com/, https://www.nesabamedia.com/ dan https://eldya.com/