logo

DIGITAL MARKETING TOOLS YANG WAJIB KALIAN KETAHUI

12:13 WIB

upload/blogs/6dUgA4ZlJqMpvlUavNARyCX58Q6SNSOlwfHNugH0.jpg

BURNINGROOM TECHNOLOGY – Digital Marketing Tools adalah sistem otomatis pemasaran dan penjualan yang membantu kalian memahami apa yang dilakukan tim pemasaran dan penjualan setiap hari, seperti melacak campaign, investasi dalam strategi pemasaran, dan penjualan aktual. Digital Marketing Tools juga memudahkan kolaborasi dan komunikasi antar departemen dengan software otomatisasi pemasaran.

Jajaran manajemen juga dapat menggunakan data tersebut untuk meningkatkan kesuksesan penjualan, menentukan strategi, serta produktivitas penjualan. Dengan adanya rekomendasi Digital Marketing Tools seperti yang ada pada postingan diatas bisa membantu memberikan hasil terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Yuk pelajari beragam Digital Marketing Tools agar memaksimalkan hasil kerja pemasaran kalian.

Berikut adalah alat pemasaran digital untuk membantu Anda mengelola bisnis :
1. Google Analytics
Google Analytics adalah salah satu tools marketing gratis yang bisa digunakan siapa saja. Anda akan dapat beragam laporan, misalnya banyaknya kunjungan ke situs web dalam kurun waktu tertentu, rasio pentalan, kisaran pendapatan atau pendapatan, konversi, produk terlaris, hingga perangkat yang digunakan ketika mengakses situs.
Untuk menggunakan alat ini, Anda hanya perlu membuat akun Google. Nah, nantinya channel yang Anda punya untuk kampanye bisnis akan dilacak. Mulai dari mesin pencari Google itu sendiri hingga pemasaran email.
Google Analytics juga dapat dicoba dengan Google Ads. Iklan online yang dibuat nantinya bisa dipantau dari satu dashboard saja. Anda akan tahu berapa banyak lead yang dihasilkan, kualitas landing page, dan jumlah penjualan.

Beberapa fitur unggulan Google Analytics:
Laporan visualisasi alur , cari tahu dari mana datangnya pengunjung hingga bisa sampai ke situs Anda. Apakah mereka membuka konten seperti yang diperkirakan? Apakah saluran atau saluran pemasaran yang Anda jalankan efektif? bisa sering video Anda yang diputar? dapatkah banyak file Anda yang diunduh pengunjung?
Laporan audiens ( audience overview ) , audiens profil audiens yang datang ke situs Anda. Bagaimana mereka berinteraksi dengan konten dan produk yang disediakan, perilaku browsing, produk yang menarik minat mereka, dan lain sebagainya.
Sasaran ( goal ) , ketahui berapa banyak konversi yang dihasilkan. Misalnya, melalui pengisian berlangganan newsletter, apakah ada yang mengunduh eBook yang ditawarkan, atau berapa banyak pelanggan yang akhirnya membeli produk dan menyelesaikan pembayaran.

2. Google Ads
Tools digital marketing lain yang juga ditawarkan Google. Bedanya dengan Google Analytics, alat ini menawarkan kepada kamu cara mengiklankan konten yang mumpuni di Google.
Di balik Google Adwords ini, ada tools bernama Google Keyword Planner, tools yang juga bisa membantumu menempatkan iklan di sebuah konten dengan pas.
Untuk pembayarannya sendiri, ia menyesuaikan dengan klik yang dilakukan pada iklan yang terpajang ( pay per click ). Semakin banyak yang mengklik iklanmu, maka kamu akan semakin untung.

3. Twitter Ads
Seperti pada periklanan lainnya, Twitter Ads merupakan salah satu fitur yang dapat membuat pemasangan layanan iklan di platform Twitter. Dalam praktiknya, dilansir dari situs resmi Twitter , Twitter akan menampilkan iklan di timeline pengguna dengan ditandai ikon “ dipromosikan ” atau “dipromosikan”. Sebagian besar dari kamu mungkin sering bertemu konten yang berlabel iklan di Twitter muncul di beranda. Nah, menurut Hubspot , beriklan di Twitter adalah cara yang tepat untuk menampilkan tweet -mu kepada orang-orang yang tidak mengikuti akunmu. Dalam artian lain, kamu dapat menjangkau pengguna baru, khususnya yang bukan pengikut akunmu, untuk tertarik mengenai konten iklan yang kamu sediakan. Oleh karena itu, buatlah konten iklan yang menarik, entah dalam bentuk format tulisan, gambar, atau video, agar banyak pengguna yang mengambil tindakan. Terlebih, harga untuk menampilkan iklan di Twitter yang dinilai relatif rendah alias tidak terlalu mahal.

4. HootSuite
Tools marketing yang satu ini sudah banyak dipakai perusahaan-perusahaan besar, seperti Sony Music dan Coca-Cola. Hootsuite menawarkan kemudahan dalam mengelola media sosial bisnis yang Anda punya. Karena dari satu tempat saja, Anda bisa masuk dan memonitor kemajuan bisnis dan interaksi konsumen di Twitter, Facebook, LinkedIn, Google+, blog WordPress dan masih banyak lagi.

Keunggulan lain yang sangat melekat di Hootsuite adalah penjadwalan postingan. Anda tidak perlu harus standby di jam-jam dengan jumlah terbanyak untuk mengunggah konten. Jadwalkan saja kontennya dan Anda bisa melakukan pekerjaan lain. Konten akan otomatis ter- publish di jam yang Anda tentukan.

Beberapa fitur unggulan Hootsuite:

Analytics , fitur ini akan menampilkan sebagus apa performa di masing-masing akun sosmed yang Anda punya. Indikator yang digunakan, antara lain adalah pengikut pengikut, postingan atau gambar yang dibuat dan diunggah, engagementatau keterikatan konsumen dengan brand Anda, dan trafik.
Streams , fitur yang tampilannya mirip dengan feed media sosial. Di sini Anda bisa memonitor secara real-time siapa saja yang menyebutkanbisnis Anda. Fitur ini juga dapat diatur untuk menampilkan postingan dengan kata kunci atau hashtag tertentu.
Tugas , fitur ini bagus untuk kolaborasi antartim. Jika Anda bekerja dengan banyak orang, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendelegasikan tugas.

5.  Ahrefs
Ahrefs adalah sebuah alat pemasaran digital yang membantu Anda untuk meningkatkan lalu lintas dari sebuah situs. Bayangkan saja, mereka punya data 150 juta lebih kata kunci yang dipakai di Amerika Serikat dan juga negara lainnya. Tools ini juga bisa digunakan untuk menganalisis aktivitas dari kompetitor. Lewat tools ini, kamu bisa melihat apa yang dilakukan kompetitor, serta konten apa yang jadi konten terbaik dari kompetitormu.

Ahrefs ini memiliki tools-tools sampingan yang bisa kamu pakai. Ada Content Gap yang bisa kamu pakai untuk melihat kelemahan konten pesaing, atau Top Pages yang bisa membantu konten apa yang paling banyak ditampilkan sekarang. Namun, harga dari tools ini terbilang mahal, yakni 99 dolar hingga 399 dolar (sekitar 1,4 juta rupiah sampai 5,7 juta rupiah). Meski begitu, manfaat yang ia berikan tidak perlu diragukan lagi.

6.  Google Search Console
Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs Anda di hasil Google Penelusuran. Anda tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs Anda dicantumkan di hasil Google Penelusuran, namun Search Console dapat membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda.

Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:

•    Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.
•    Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
•    Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
•    Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
•    Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
•    Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

7.  MailChimp
MailChimp juga adalah salah satu tools digital marketing yang harus dikuasai. Ia memaksimalkan email sebagai media untuk pemasaran. Ia membuat email jadi platform marketing yang menyenangkan. Tools ini sangat sesuai bagi Anda yang menerapkan email marketing . Ia dapat membantu membuat kampanye di email dan berinteraksi dengan para pelanggan di email. Ia juga terintegrasi dengan beberapa perusahaan Saas lainnya.

Berkat fungsi yang dapat memaksimalkan pemasaran email ini, harga dari MailChimp terbilang mahal, yakni 199 dolar (sekitar 2,9 juta rupiah). Namun, diawal, kamu juga bisa memakai alat ini secara gratis. Berikut adalah tools digital marketing yang harus kamu ketahui, jika kamu adalah digital marketer atau akan menjadi digital marketer . Asal mau belajar, maka kamu mungkin menjadi digital marketer yang handal.

Source : https://www.ekrut.com/media/